Operasionalisasi KPHL masih Menghadapi Banyak Tantangan

Direktur Kehutanan dan Sumber Daya Air-Bappenas dalam rapat koordinasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat dan KPHL Bukit Barisan (24/8) menyatakan bahwa operasionalisasi KPHL masih menghadapi banyak tantangan yang dihadapi. Berbeda dengan KPHP dimana produknya sudah ada dan pasar yang jelas, produk KPHL terbatas pada jasa lingkungan yang sulit untuk dibentuk pasar maupun komoditas yang akan menjadi unggulan di KPHL. Namun demikian, KPHL harus terus bergerak sehingga manfaat ekonomi dapat dirasakan oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat yang ada disekitarnya.

Senada dengan Direktur Kehutanan-Bappenas, Kepala KPHL Bukit Barisan Bpk. Bambang Purnomo menyatakan bahwa kendala yang dihadapi oleh KPHL saat ini adalah belum adanya regulasi yang mengatur kerjasama antara KPHL dengan pihak swasta sehingga investasi yang ditanamkan dikhawatirkan tidak dapat dimanfaatkan. Kelembagaan yang masih berbentuk SKPD masih menhambat ruang gerak KPHL untuk memanfaatkan sumber daya hutan. Selain itu, SDM KPHL belum sampai ke tingkat tapak dan kemampuan teknis yang dimiliki masih sangat kurang. Sehingga perlu peningkatan kapasitas SDM KPHL dan harus menjadi prioritas pembangunan ke depan.

Walaupun masih banyak kendala, Direktur Kehutanan-Bappenas menyatakan bahawa Bappenas tetap berkomitmen agar seluruh pembangunan kehutanan dapat difokuskan ke wilayah KPH termasuk di kawasan KPHL.